Informasi Yang Berguna Tentang Diabetes

Informasi Yang Berguna Tentang Diabetes

Cubos de azúcar sobre mesa de madera rústica.

Di Amerika Serikat saja, ada 18. 2 juta orang yang hidup dengan diabetes. Sementara 13 juta orang lainnya sudah didiagnosis menderita diabetes.

Tentang Diabetes:

Diabetes berasal dari kata Yunani 'Diabeinain'. Itu berarti 'Melewati' berbicara tentang buang air kecil yang berlebihan, dan Mellitus dari kata Latin Anda yang berarti 'Manis bersama madu'. Kedua istilah ini menandakan urin manis atau mungkin gula dalam urin.

Diabetes adalah penyakit ketika tubuh tidak menghasilkan atau menggunakan Insulin dengan benar. Insulin adalah hormon yang mengontrol laju perubahan pati, gula, dan makanan lainnya menjadi glukosa. Suatu organ yang disebut pankreas memproduksi dan melepaskan hormon ke dalam darah. Insulin membantu menjaga kadar glukosa darah dalam kisaran normal.

Setelah makan hati menyimpan glukosa dari makanan sebagai glikogen dan melepaskannya ke dalam darah di sela waktu makan. Peran insulin adalah kontrol penyimpanan ini dan pelepasan glukosa. Ini memastikan bahwa jumlah glukosa dalam darah pada setiap waktu tertentu tidak melampaui atau di bawah kisaran normal.

Jenis-jenis Diabetes:

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, 5 kelas diabetes diakui.

Ini adalah:
1. Diabetes Ketergantungan Insulin atau Diabetes Tipe I
2. Diabetes Ketergantungan Non Insulin atau Diabetes Tipe II
3. Diabetes Kehamilan
4. Diabetes Insipidus
5. Diabetes Perunggu

1. Insulin Dependent Diabetes atau Diabetes Tipe I: Tipe Satu menyerang anak-anak dan dewasa muda dan ditandai oleh pankreas yang gagal menghasilkan insulin, yang merupakan hormon yang memecah gula dan pati ketika mengubahnya menjadi energi.
2. Diabetes Non Insulin Dependent atau Diabetes Tipe II: Tipe Dua terjadi kemudian dalam kehidupan orang dewasa dan ditandai oleh pankreas yang tidak dapat memproduksi insulin yang cukup karena beberapa faktor.
3. Diabetes Kehamilan: Jenis diabetes ini terjadi selama kehamilan dan menghilang setelah melahirkan, dalam waktu 3 minggu.
4. Diabetes Insipidus: Diabetes insipidus adalah kelainan langka di mana tubuh menggunakan sistem untuk mengatur kadar airnya menjadi terganggu.
5. Diabetes Perunggu: Diabetes perunggu adalah kelainan genetik yang disebabkan oleh penyimpanan besi yang berlebihan di dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan organ, termasuk kerusakan pada pankreas yang menyebabkan pasien menderita diabetes.

Penyebab Diabetes:
Tidak ada penyebab jelas yang biasanya dikaitkan dengan jenis diabetes yang paling umum. Beberapa faktor dapat meningkatkan peluang seseorang terkena diabetes dan ini dapat disebut faktor risiko. Beberapa faktor diberikan di bawah ini:

Obesitas: Sekitar tiga perempat dari hampir semua orang yang terkena diabetes tipe II mengalami obesitas. Jadi, obesitas bisa menjadi penyebab terkena diabetes.

Riwayat Keluarga: Riwayat keluarga penyakit ini meningkatkan peluang seseorang terkena penyakit.

Kurangnya olahraga yang memadai: Olahraga yang tidak memadai dan tidak teratur dapat meningkatkan peluang menjadi penderita diabetes.

Sejarah Diabetes Kehamilan: Dalam hal ini, seorang wanita juga meningkatkan kemungkinannya untuk menderita diabetes permanen di kemudian hari.

Tes Membantu Mendiagnosis Diabetes:

Ada dua, tes utama yang digunakan untuk menentukan apakah seseorang memiliki intoleransi glukosa atau tidak:
1. Tes Glukosa Plasma Puasa
2. Tes Toleransi Glukosa Oral

Mencegah Diabetes:
Diabetes tidak memiliki obat permanen setelah berkembang, ia dikelola sepanjang hidup. Tetapi Anda dapat mencegah agar tidak jatuh dalam kesakitan seumur hidup ini.

Kiat-kiat berikut dapat membantu mengurangi risiko diabetes.
1. Lakukan olahraga yang cukup.
2. Mengurangi berat badan serta lemak dan mempertahankan berat badan yang khas sangat penting. Jadi, kurangi berat badan.
3. Pilih biji-bijian dan produk biji-bijian daripada karbohidrat olahan.
4. Lewati minuman manis, dan pilih air, kopi, atau teh sebagai gantinya.
5. Pilih lemak baik daripada lemak jahat.

6. Batasi daging merah.
7. Pilih kacang, unggas, atau ikan.
8. Asap rokok mengandung beberapa zat beracun. Jadi, berhentilah merokok.
9. Kurangi asupan garam.
10. Pantau kadar gula darah Anda.

Beberapa perubahan dalam gaya hidup, seperti olahraga teratur, mempertahankan berat badan yang moderat, pengurangan asupan lemak dan diet tinggi serat semuanya membantu menjalani hidup sehat yang normal. Langkah-langkah ini diakui untuk meningkatkan sensitivitas insulin serta mengurangi tekanan darah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Informasi Yang Berguna Tentang Diabetes"

Post a Comment