Mengembalikan Kesehatan Mental yang Baik

 Mengembalikan Kesehatan Mental yang Baik


Apa itu kesehatan mental yang baik? Kita semua kurang lebih sehat secara mental, dan ini biasanya bervariasi sepanjang hidup kita terutama saat kita menghadapi peristiwa kehidupan yang sulit, perubahan dan sebagainya. Apakah kita menyebutnya kesejahteraan psikologis, kebahagiaan, kepuasan, pola pikir positif, semua istilah ini berhubungan dengan kesehatan mental yang baik.

Dengan kesehatan fisik kita, sudah menjadi bagian dari wacana kita sehari-hari untuk menjadi aspiratif. Kita ingin merasa fit secara fisik, energik, kuat, seimbang dalam berat badan kita, makan makanan yang sehat, kenyal, ulet dan tidak rentan terhadap penyakit ringan. Tentu kita mengeluh tentang masalah kita, dan berbicara tentang bagaimana kita tidak dapat melakukan semua hal yang kita tahu harus kita lakukan. Kita tahu tidak mudah untuk tetap sehat secara fisik tanpa berusaha, apalagi jika kita pernah mengalami masalah kesehatan. Kita tahu bahwa bahkan jika kita mencapai puncak kebugaran fisik, kita tidak dapat mempertahankan ini selama sisa hidup kita tanpa memperhatikannya.

Penelitian memberi tahu kita bahwa kesehatan mental yang baik bahkan lebih bermanfaat daripada kesehatan fisik yang baik. Pandangan mental yang positif meningkatkan tingkat dan kecepatan pemulihan dari penyakit yang serius, bahkan mengancam jiwa. Ketahanan dan kesejahteraan psikologis memberi orang kekuatan untuk mengubah masalah menjadi tantangan menjadi kemenangan.

Namun setiap kali saya meminta sekelompok orang untuk memberi tahu saya kata-kata apa yang muncul dalam pikiran sehubungan dengan 'kesehatan mental', tanggapan mereka adalah tentang kesehatan mental! Seolah-olah istilah tersebut telah dibajak menjadi benar-benar berfokus pada masalah.

Sementara itu, kita sedang mengalami epidemi penyakit mental. Sekitar 1 dari 4 orang mengalami beberapa bentuk masalah kesehatan mental yang umum seperti depresi, kecemasan dan berbagai gejala terkait stres. Operasi dokter umum diliputi oleh masalah seperti itu, layanan kesehatan mental hanya mampu memberikan dukungan untuk 1% populasi dengan kesulitan kesehatan mental yang jauh lebih parah, dan ada sejumlah besar layanan, perawatan, dan pengobatan yang sebagian besar tidak diatur di pasar swasta. Sebuah studi penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa sebagian besar ketidakhadiran sakit jangka panjang dari pekerjaan disebabkan oleh kondisi yang berhubungan dengan stres.

Masalah dengan berfokus pada masalah dan rasa sakit, itulah yang menjadi keahlian kami. Kami mencari obat dan perawatan untuk memperbaiki masalah, alih-alih berfokus pada apa yang membuat kesehatan mental menjadi baik. Kita tahu bahwa kesehatan fisik adalah multi-dimensi - tidak ada yang membayangkan bahwa memompa zat besi untuk membangun otot Anda adalah resep untuk kesehatan fisik secara keseluruhan, meskipun itu pasti akan membuat Anda lebih kuat untuk aktivitas tertentu.

Jadi, apa sajakah hal-hal penting dari kesehatan mental yang baik?

Koneksi tentu saja salah satu yang paling terkenal. Memiliki hubungan dekat yang positif baik untuk kesehatan mental kita, seperti halnya memiliki jaringan teman, kolega, dan kenalan yang lebih luas yang akan bervariasi dari waktu ke waktu. Memberi kepada orang lain adalah aspek lain yang sangat penting dari koneksi, meningkatkan rasa harga diri dan kesejahteraan kita.

Tantangan adalah tentang pembelajaran dan pengembangan, bagaimana kita tumbuh. Bagi anak-anak, setiap hari membawa tantangan baru, namun sebagai orang dewasa kita sering menjadi semakin takut akan perubahan, tidak mau mempelajari keterampilan baru atau menempatkan diri kita dalam situasi yang tidak dikenal. Jadi memperluas zona nyaman kita, terkadang dengan cara-cara kecil jika kita merasa sangat rentan, akan membantu mengembangkan kepercayaan diri dan rasa pencapaian pribadi kita.

Ketenangan berarti rasa keseimbangan, dan kemampuan untuk menjauhkan diri dari pikiran dan emosi kita. Itu berarti kemampuan kita untuk merespons daripada bereaksi. Ini dapat digambarkan sebagai rasa hubungan spiritual kita, yang mungkin datang melalui kepercayaan atau keyakinan tertentu, atau dapat ditemukan melalui hubungan dengan alam. Orang yang sehat secara mental akan merasakan kekuatan batin, dan menemukan cara untuk mendukungnya.

Karakter berhubungan dengan cara kita menginterpretasikan pengalaman kita dan tanggapan kita terhadapnya. Kita semua memiliki kisah pribadi kita sendiri, atau cerita, yang mungkin atau mungkin tidak kita ceritakan kepada orang lain. Kita mungkin menganggap diri kita sebagai pahlawan, korban atau penjahat, dan bagaimanapun kita melakukan ini secara umum akan berdampak pada kesehatan mental kita. Seseorang yang telah mengalami trauma hidup yang parah mungkin mengalami kesulitan besar untuk menyatukan cerita mereka sama sekali, membuat mereka merasa benar-benar terfragmentasi. Kesehatan mental yang baik berarti memiliki rasa nilai-nilai pribadi yang kuat, kesadaran akan kekuatan, keterampilan dan sumber daya kita sendiri, dan kisah-kisah pribadi tentang belajar dari kesalahan, kelangsungan hidup, kesuksesan, dan penghargaan.

Kreativitas mewakili aspek menyenangkan dan kekanak-kanakan dari kesehatan mental kita. Sebagai anak-anak kita secara alami kreatif dan kita bermain. Saat kita tumbuh menjadi dewasa, kreativitas dan kesenangan kita sering kali dikecilkan atau direndahkan, dan ini dapat menyebabkan frustrasi besar, secara harfiah mengurangi kapasitas otak kita untuk berfungsi sebaik mungkin. Menjelajahi aktivitas kreatif sering ditemukan memiliki efek terapeutik yang kuat, dan kesehatan mental yang baik tentu sebagian bergantung pada peluang untuk menghadirkan kesenangan, keceriaan, dan kreativitas ke dalam hidup kita.

5 C kesehatan mental yang baik ini menawarkan kerangka kerja di mana kita dapat memikirkan kesehatan mental kita dengan cara yang sama seperti kesehatan fisik kita. Sangat sulit untuk menjadi spesimen kesehatan fisik yang sempurna, tetapi siapa yang perlu sempurna? Sama seperti kesehatan fisik kita, kesehatan mental kita adalah pekerjaan yang sedang berjalan dan akan selalu begitu.

Di tahun-tahun berlalu, banyak orang dengan penyakit fisik diperlakukan dengan kejam karena ketidaktahuan dan rasa malu. Saya ingat ketika kanker diucapkan dalam bisikan pelan sebagai Big C. Saat ini kesehatan mental adalah 'gajah dalam ruangan' yang perlu kita perhatikan lama dan keras, memaparkan akal sehat praktis dan diskusi cerdas.

Hari Kesehatan Mental Sedunia pada tanggal 10 Oktober telah menjadi pengingat tepat waktu bahwa kesehatan mental yang baik benar-benar adalah sesuatu yang dapat kita cita-citakan untuk semua orang. Mari kita membuatnya begitu!

Carolyn Barber, Bsc (Hons), CQSW, adalah pendiri Wayfinder Associates, sebuah bisnis konsultasi dan pelatihan kepedulian sosial yang berspesialisasi dalam pengembangan tim, pengawasan independen, dan kesejahteraan staf. Sebagai wirausaha sosial serial, Carolyn telah mengembangkan program berbasis komunitas untuk mempromosikan pemahaman tentang kesejahteraan mental menggunakan pendekatan yang berfokus pada solusi positif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengembalikan Kesehatan Mental yang Baik"

Post a Comment